Sekelumit Sejarah Jeep
(dari Bantam hingga Chrysler)
Khusus bagi pecinta mobil offroad
Kendaraan
yang bernama Jeep telah menjadi kendaraan pilihan bagi para pembebas dan
petualang untuk lebih dari 50 tahun. Di sini Anda akan sedikit temukan
sekelumit sejarah dari kendaraan Jeep dari awal mula hingga menjadi bernama
Wrangler (TJ), dan beserta evolusi dari Kendaraan Serbaguna Willys 1946 menjadi
kendaraan yang kini kita sebut sebagai Cherokee dan Grand Cherokee.
Kendaraan
Jeep awalnya lahir dari keperluan, dan buatan tangan dengan hanya dalam tujuh
minggu dengan kerja keras dan kejeniusan.
Sejak ,
sekurangnya pada awal Perang Dunia I, Angkatan Bersenjata AS telah mencari
kendaraan yang cepat, ringan, dan mampu digunakan pada setiap medan. Di awal
1940, beberapa hal menjadi sangat penting seiring poros kekuasaan (Sekutu)
mulai meraih kemenangan di Eropa dan Afrika Utara dan mendorong kepentingan
untuk membuat kendaraan ini sebagai salah satu prioritas utama. Angkatan
Bersenjata mulai memanggil para pembuat kendaraan untuk membuat purwarupa
kendaraan tersebut dalam hanya 49 hari.
Persyaratan
awal dari pemerintah pada saat itu adalah:
Berat kendaraan: sekitar 590 kg (yang kemudian adalah suatu hal yang mustahil, dan kemudian di revisi menjadi 980 kg)
Kemudi empat roda
Mesin (tenaga): torsi 85 pon-kaki
Jarak sumbu roda: tidak lebih dari 2.1 meter
Lebar sumbu roda: tidak lebih dari 1,2 meter
Tinggi dari permukaan: minimum 16 cm
Beban angkut: 280 kg
Sistem pendingin: Mampu bertahan di putaran rendah tanpa menimbulkan panas berlebih
Berat kendaraan: sekitar 590 kg (yang kemudian adalah suatu hal yang mustahil, dan kemudian di revisi menjadi 980 kg)
Kemudi empat roda
Mesin (tenaga): torsi 85 pon-kaki
Jarak sumbu roda: tidak lebih dari 2.1 meter
Lebar sumbu roda: tidak lebih dari 1,2 meter
Tinggi dari permukaan: minimum 16 cm
Beban angkut: 280 kg
Sistem pendingin: Mampu bertahan di putaran rendah tanpa menimbulkan panas berlebih
The Bantam Car Company
Yang
telah lama dikenal menjadi pemasok kendaraan kepada Angkatan bersenjata, dan
Willys-Overland, hanya kedua perusahaan tersebut yang merespon permintaan
Angkatan Bersenjata, meskipun lebih dari 130 perusahaan telah diundang untuk
menjawab tantangan tersebut. Tenggat waktu 49 hari adalah masalah yang pelik,
bagaimanapun, dan Willys-Overland meminta kelonggaran waktu untuk mencari
bantuan tambahan dari pihak luar.
Penyelamat Bantam adalah Karl Probst,
Penyelamat Bantam adalah Karl Probst,
(Karl
Probst is in the passenger seat, and Bantam manager Harold Crist is in the
drivers seat of Bantam Prototype)
seorang insinyur Detroit yang telah bekerja di beberapa perusahaan otomotif. Didaftarkan oleh kepala Komite Penasehat Pertahanan Nasional,
seorang insinyur Detroit yang telah bekerja di beberapa perusahaan otomotif. Didaftarkan oleh kepala Komite Penasehat Pertahanan Nasional,
William
S. Knudsen (mantan presiden dari General Motors), Probst menerima tantangan
patriotik tanpa digaji dan mulai bekerja pada 17 Juli, 1940. Dalam hanya dua
hari dia telah meyelesaikan rancangan purwarupa Bantam, cikal bakal dari Jeep.
Tawaran Bantam diajukan dengan rancangan lengkap dari kendaraan baru ini.
Tawaran ini menyatakan batas berat maksimum dari 980 kg, walaupun sebenarnya
lebih dari itu.
Purwarupa pertama Bantam yang dibuat oleh tangan rampung dan mulai diujicobakan pada 21 September 1940, sesuai dengan tenggat waktu 49 hari. Angkatan bersenjata mengujicobakan kendaraan ini dalam berbagai ujicoba, mengendarai Kendaraan Jeep bantam lebih dari 3400 mil, dan 250 mil diantaranya bukan jalan beraspal. Para penguji akhirnya menyatakan, “Kendaraan ini telah menunjukkan kekuatan yang bagus dan segala persyaratan yang ada”. Pada akhirnya, Willys dan Ford mengajukan rancangan mereka berdasarkan rancangan Bantam yang diajukan ke Angkatan Bersenjata.
Purwarupa pertama Bantam yang dibuat oleh tangan rampung dan mulai diujicobakan pada 21 September 1940, sesuai dengan tenggat waktu 49 hari. Angkatan bersenjata mengujicobakan kendaraan ini dalam berbagai ujicoba, mengendarai Kendaraan Jeep bantam lebih dari 3400 mil, dan 250 mil diantaranya bukan jalan beraspal. Para penguji akhirnya menyatakan, “Kendaraan ini telah menunjukkan kekuatan yang bagus dan segala persyaratan yang ada”. Pada akhirnya, Willys dan Ford mengajukan rancangan mereka berdasarkan rancangan Bantam yang diajukan ke Angkatan Bersenjata.
Willys
dengan QUAD dan Ford dengan PYGMY sebagai purwarupanya dengan penambahan dan
modifikasi terhadap model yang diajukan oleh Bantam.
Salah satu contohnya, purwarupa QUAD milik Willys yang melebihi batas berat, karena bagian tambahan terhadap mesinnya yang bertenaga. Hal ini merupakan nilai tambah bagi Willys ketika batas berat terlampaui: kekuatan yang ada pada Willys – ditenagai oleh “Go Devil” – adalah satu-satunya yang sesuai dengan persyaratan Angkatan bersenjata dalam hal tenaga. Kenyataannya torsi 105 pon-kaki milik Willys telah membuat kerdil 83 pon-kaki milik Bantam dan 85 pon-kaki milik Ford.
Salah satu contohnya, purwarupa QUAD milik Willys yang melebihi batas berat, karena bagian tambahan terhadap mesinnya yang bertenaga. Hal ini merupakan nilai tambah bagi Willys ketika batas berat terlampaui: kekuatan yang ada pada Willys – ditenagai oleh “Go Devil” – adalah satu-satunya yang sesuai dengan persyaratan Angkatan bersenjata dalam hal tenaga. Kenyataannya torsi 105 pon-kaki milik Willys telah membuat kerdil 83 pon-kaki milik Bantam dan 85 pon-kaki milik Ford.
Dalam
proses perakitan Bantam dalam keadaan yang tidak stabil dengan kondisi keuangan
mereka, dan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Willys, mengakibatkan kontrak
diberikan kepada Willys. Semenjak Departemen Perang memerlukan sejumlah besar
kendaraan untuk diproduksi dalam waktu yang singkat (sangat!), Willys-Overland
diberikan kewenangan khusus oleh Pemerintah AS untuk menunjuk perusahaan lain
memproduksi kendaraan sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki Willys. Dengan
hak khusus ini, Willys menunjuk Ford Motor Co. untuk memproduksi kendaraan
sesuai dengan spesifikasi Willys..
Seiring
Perang dunia II, Willys dan Ford telah menyelesaikan lebih dari 700.000 pesanan
dan dengan Willys-Overland memasok lebih dari 330.000 unit.
Kita tahu bahwa kendaraan Jeep dikenal luas oleh sipil dan militer dengan kemampuannya mengarungi segala macam medan, namun dari mana kah nama Jeep muncul?
Kita tahu bahwa kendaraan Jeep dikenal luas oleh sipil dan militer dengan kemampuannya mengarungi segala macam medan, namun dari mana kah nama Jeep muncul?
Meskipun
tak ada kepastian, setiap orang memiliki teori sendiri mengenai bagaimana
Willys QUAD dinamakan Jeep.
Beberapa orang menyatakan bahwa nama Jeep diambil dari penyebutan singkatan GP untuk General Purpose, yang diberikan Angkatan bersenjata untuk menamakan kendaraan baru mereka.
Beberapa orang menyatakan bahwa nama Jeep diambil dari penyebutan singkatan GP untuk General Purpose, yang diberikan Angkatan bersenjata untuk menamakan kendaraan baru mereka.
Teori
lain, menurut Kol AW Herrington, adalah nama yang digunakan di Oklahoma di awal
1934 untuk menamakan truk yang dilengkapi dengan peralatan khusus untuk
pengeboran minyak.
Yang
lainnya menyatakan nama Jeep diambil dari karakter “Eugene the Jeep” dalam
komik strip Popeye karangan EC Edgar. Eugene the Jeep adalah binatang yang
kecil yang memiliki kemampuan berpergian di antara dimensi dan mampu
menyelesaikan segala macam masalah.
Kemudian,
versi lainnya adalah dari pengujicoba Willys-Overland model pertama, Irving
“red” Haussman yang menamakan Jeep sesuai dengan sebutan para prajurit yang ada
di Kamp Holabird. Tak lama kemudian, Red memberikan demonstrasinya di depan
beberapa khalayak umum di Washington DC. Di antara kelompok itu, Katherine
Hillyer, seorang reporter untuk Washington daily menulis artikel mengenai
kendaraan tersebut yang diterbitkan pada Februari 1941 dengan foto dan
judulnya, “Jeep Creeps Up Capitol Steps”. Ini mungkin awal dari terkenalnya
nama Jeep oleh Media.
Apapun
asal muasal nama Jeep, merek Jeep sebagai kendaran telah menjdai merek yang dikenal
di seantero dunia.
Pada 1950, Willys menerima Daftar Merek dagang Amerika serikat untuk merek Jeep, yang juga terdaftar secara internasional, dan telah dialihkan dari Willys-Overland ke Kaiser dan kemudian American Motors Corporation, dan baru-baru ini ke Chrysler Corporation yang memiliki 1.100 registrasi hak merek dagang di seluruh dunia.
Pada 1950, Willys menerima Daftar Merek dagang Amerika serikat untuk merek Jeep, yang juga terdaftar secara internasional, dan telah dialihkan dari Willys-Overland ke Kaiser dan kemudian American Motors Corporation, dan baru-baru ini ke Chrysler Corporation yang memiliki 1.100 registrasi hak merek dagang di seluruh dunia.
Kereta
perang dari para pembebas telah memainkan peranan pentingnya dalam tahun-tahun
pertamanya dalam Perang Dunia II.
Sejak
awal , Jeep telah menawan perhatian dan kekaguman dari segenap orang si segala
penjuru. Mereka telah ikut serta dala perang Eropa dan Pasifik, dan memimpin
kehidupan yang luarbiasa, membantu Sekutu membawa damai di dunia (!).
Wartawan
perang, Ernie Pyle, menggambarkan Jeep dengan, “Dapat dipercaya layaknya anjing
peliharaan, sekuat keledai dan segesit kambing”.
Jeep
awalnya digunakan oleh setiap divisi dari Militer AS dan sejumlah besar
dikapalkan ke Sekutu-Sekutunya dari Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia
Baru.
Jeep
menjadi bagian vital dari segala aksi darat. Mereka digunakan untuk mendirikan
komunikasi telepon, mentranportasikan korban, dan sebagai taksi untuk
komandan-komandan perang, jendral-jendral, perdana menteri, dan juga para
presiden.
Mereka
dibuat, dikapalkan, dipreteli dan dirakit, dimodifikasi, digubah dan
dipindahkan dengan laut, darat dan udara. Kru-kru transport mampu menaikkan
satu unit jeep utuh ke pesawat kargo C-47, karena mereka diperlukan untuk dapat
dibongkar-pasang oleh lini depan yang membutuhkan.
CJ-2A
dan station-wagon dari logam pertama adalah permulaan dari lini Jeep, yang kini
menjadi Wrangler dan Cherokee.
Di awal
1942, jauh sebelum perang di Eropa dan Pasifik berakhir, Willys-Overland
menyadari bahwa Jeep yang terkenal itu bisa digunakan sebagai kendaraan sipil.
Kalimat “ The Jeep in Civvies” mulai muncul dalam iklan majalah dan Koran
Willys-Overland yang dicetak di halaman depan di kala dan setelah Perang Dunia
II.
Iklan
lainnya, mempopulerkan peran heroik Jeep selama perang dan menulis, “the power
and the stamina of the versatile “Jeep” will serve many needs in the years of
reconstruction ahead.”
Willys
mulai memperkenalkan keunggulan Jeep sebagai kendaraan jasa pengiriman, kerja,
dan kendaraan rekreasional dengan kutipannya, “When I get back I’ll get a Jeep.
It’ll make a swell delivery car,” “A Jeep can beat a team of horses all
hollow.” dan “Gee wouldn’t it be swell to have a Jeep at the lake after the
war? Are you Jeep planning too?”*
Jeep
sipil pertama, the CJ-2A, diproduksi pada 1945. Iklan-iklan mengatakan “A
Powerhouse on Wheels,” kembali memasarkannya sebagai kendaraan kerja bagi para
petani, dan pekerja konstruksi. Kini dilengkapi dengan pintu belakang, penutup
ban, Lampu yang lebih besar, dan tutup bahan bakar eksternal dan segala fitur
barunya yang pendahulunya tidak miliki.
Pada
1946, Willys-Overland memperkenalkan kepada industri otomotif dengan
station-wagon dari logam secara keseluruhannya dan kendaraan pengiriman sedan.
Kendaraan-kendaraan berpenggerak dua roda ini memperkenalkan kapasitas tujuh
penumpang dan kecepatan maksimum 105 kpj. Ketika kemudi empat roda dan mesin
enam silinder Willys ditambahkan pada 1949, station Wagon Jeep menjadi titik
tolak Jeep-Cherokee modern.
‘Jeep’
station wagon terbaru memiliki rangka besi tempa dan pengecatan tiga lapis yang
menimbulkan kesan kayu. Mobil itu menggunakan alat pacu Jeep dan tutup depan
metal bergaya MB (Mercedes Benz) dan didesain untuk menandingi wagon kayu
“sebenarnya” yang diproduksi oleh 3 perusahaan besar di Detroit (GM, Ford, dan
Chrysler). Sasis kendaraan baru itu pun tersedia pada truk pengiriman sedan
mereka. Sistem penggerak empat roda ini pun mulai tersedia pada model-model ini
pada 1949 dengan mesin “lightning” enam silinder 148 kubik inci mereka.
Jeep
CJ-5 memiliki rekor produksi terlama sepanjang produksi Jeep dari tahun 1954
hingga tahun 1984.
Model
CJ merupakan model yang diperbaharui pada 1953, menjadi CJ-3B. hal ini
merupakan Jeep pertama yang perubahannya mudah dikenali dari Jeep militer pendahulunya.
Mobil itu memiliki gril mesin lebih tinggi, kap mesin yang lebih tinggi untuk
mengakomodasi mesin empat silinder Hurricane F barunya. Meskipun mobil tersebut
memiliki kapasitas yang sama dengan mesin “Go Devil”, “hurricane” memiliki
fitur katup yang telah disempurnakan. CJ-3B masih tetap diproduksi hingga tahun
1968 dan dengan total 155.494 telah diproduksi di AS.
Willys-Overland
dijual ke Henry J. Kaiser dengan nilai 60 juta dolar pada 1953. Tolak ini
merupakan permulaan pengaruh Kaiser pada masa depan kendaraan berpenggerak
empat roda seiring perusahaan mulai mengadakan riset intensif dan
program-program pengembangan yang pertama kali dilihat pada musim gugur tahun
1962.
Kaiser
memperkenalkan CJ-5 pada 1955 yang produksi dan popularitasnya membumbung
hingga tahun 1980-an. Hal ini sedikit lebih panjang daripada model CJ-3B dengan
jarak roda yang lebih lebar dan panjangnya yang bertambah.
Peningkatan-peningkatan yang terus-menerus pada mesin, poros, transmisi dan
kenyamanan tempat duduknya telah membuat Jeep CJ-5 sebuah kendaraan ideal untuk
menawan ketertarikan publik untuk aktifitas-aktivitas luar jalan (off-road).
Meskipun sama dengan CJ-2A yang digantikannya, mobil ini memiliki fitur garis
bodi yang lebih lembut dan bentuk bodi yang lebih bulat.
Pada
tahun 50-an juga memperlihatkan kita pengenalan mesin “Hurricane” yang kemudian
dikenal sebagai mesin yang paling bertenaga dan paling ekonomis dalam kelasnya.
Mesin ini adalah mesin standar dalam wagon dengan mesin V6 opsionalnya
“Lightning”. Selang masa ini, Willys-Overland terus memasarkan station wagon
baja dan berpenggerak empat roda, dan bahkan menerbitkan lisensi untuk
memproduksi mobil tersebut di Jepang dan Argentina.
Selang
masa ini, Kaiser telah menjadikan Jeep CJ sebagai sebuah simbol internasional.
Dalam selang 16 tahun kepemilikan Kaiser, fasilitas-fasilitas produksi telah
didirikan di 30 negara, dan kendaraan Jeep telah dipasarkan di lebih dari 150
negara di penjuru dunia.
Debut Wagoneer Jeep Seri J adalah era baru yang modern bagi Cherokee dan Grand Cherokee. Dan Jeep CJ telah menjadi semakin bertenaga dan populer dari sebelumya dengan pengenalan mesin enam silinder, “Dauntless”.
Debut Wagoneer Jeep Seri J adalah era baru yang modern bagi Cherokee dan Grand Cherokee. Dan Jeep CJ telah menjadi semakin bertenaga dan populer dari sebelumya dengan pengenalan mesin enam silinder, “Dauntless”.
Tahun
1963, Jeep memperkenalkan Seri-J dengan Wagoneer. Kendaraan ini lebih besar
dari station wagon dan yang pertama yang layak disebut dengan kendaraan
guna-sport (Sport Utility Vehicle)
Wagoneer, yang ditenagai oleh mesin truk enam silinder overhead-cam yang diproduksi massal yang kemudian dikenal dengan enam “Tornado-OHC”, mungkin merupakan varian pertama dalam industri otomotif dengan transmisi otomatis pada kendaraan berpenggerak empat roda dan sistem suspensi depan independen. Varian ini ditawarkan dalam versi penggerak dua dan empat roda.
Wagoneer, yang ditenagai oleh mesin truk enam silinder overhead-cam yang diproduksi massal yang kemudian dikenal dengan enam “Tornado-OHC”, mungkin merupakan varian pertama dalam industri otomotif dengan transmisi otomatis pada kendaraan berpenggerak empat roda dan sistem suspensi depan independen. Varian ini ditawarkan dalam versi penggerak dua dan empat roda.
Varian
ini, bersamaan dengan truk grobak “Gladiator” seri J, adalah rancangan non
militer pertama dari perusahaan ini sejak station wagon all steel dan Jeepster
berpenggerak dua roda yang sporti. Keduanya, Wagoneer dan Gladiator menemukan
celah pasarnya dengan pembeli-pembeli dari bidang konstruksi, agrikultur dan militer
dan berkembang menjadi kendaraan wajib bagi pembeli eceran yang menginginkan
penampilan bagus, kendaraan multimedan untuk memancing, ski, berburu,
pengangkutan, dan petualangan medan luar jalan raya.
Di
musim gugur tahun 1965, mesin V-6 “Dauntless” baru diperkenalkan sebagai sebuah
opsi pada kedua CJ-5 yang berjarak roda 81 inci dan CJ-6 yang berjarak roda 101
inci. Mesin bertenaga 155 tenaga kuda hampir dua kali lipatdari mesin empat
silinder Hurricane standar. Varian ini adalah kali pertamanya Jeep CJ
dipersenjatai dengan mesin V6, namun hanya awal dari mesin-mesin enam silinder
yang akan menjadi standar di kemudian tahun.
Wagoneer generasi kedua juga memperkenalkan station wagon Super Wagoneer yang memiliki fitur garis bodi, atap vinyl, rak atap krom, dop roda penuh, dan ban bergaris putih. Super Wagoneer dilengkapi dengan penggerak empat roda, mesin V8 327 kubik inci, dan sedikit kalimat dari Kaiser Jeep, “constituted a unique and dramatic approach to the station wagon market … designed for the prestige buyer who is rapidly becoming aware of the advantages of four-wheel drive. While being the ultimate in detailed elegance, the new vehicle still has all the traditional versatility and ability of Jeep vehicles to go on-or off-road”.
Wagoneer generasi kedua juga memperkenalkan station wagon Super Wagoneer yang memiliki fitur garis bodi, atap vinyl, rak atap krom, dop roda penuh, dan ban bergaris putih. Super Wagoneer dilengkapi dengan penggerak empat roda, mesin V8 327 kubik inci, dan sedikit kalimat dari Kaiser Jeep, “constituted a unique and dramatic approach to the station wagon market … designed for the prestige buyer who is rapidly becoming aware of the advantages of four-wheel drive. While being the ultimate in detailed elegance, the new vehicle still has all the traditional versatility and ability of Jeep vehicles to go on-or off-road”.
Seiring
produksi yang meningkat tiga kali lipat selang tahun 1970an, AMC membuat banyak
peningkatan kepada Jeep termasuk pilihan mesin-mesin empat, enam, atau delapan
silinder.
Pada tahun 1970, setelah dua dekade pertumbuhan dan ekspansi internasional, Kaiser Jeep dibeli oleh American Motor Corporation. Langkah pertama mereka adalah memisahkan produksi kendaraan militer dan sipil, dan terbukti menjadi langkah tepat seiring kendaraan 4WD menjadi begitu populer di pasar sipil. Pada tahun 1978, produksi total Jeep mencapai 600 kendaraan perharinya, tiga kali lebih banyak dari apa yang telah didapat di awal dekade.
American Motors memasarkan kendaran Jeep mereka dengan, “with the guts to come on stronger than ever”. Semua varian Jeep dilengkapi dengan mesin-mesin buatan AMC, dan kesemuanya adalah mesin-mesin V8 304 atau 360 kubik inci. AMC juga melengkapi kedua varian dengan poros roda yang lebih berat, rem yang lebih bertenaga, trek yang lebih lebar, dan pemanas berkapasitas besar dan menambahkan tema ke legenda yang satu ini, “If a new Jeep vehicle can’t take you there, maybe you ought to think twice about going”.
Juga pada tahun 70-an, kendaraan-kendaraan berpenggerak empat roda telah membuat lompatan besar dari serbaguna ke family motoring. Pada akhir dekade, Ford, Chevrolet, dan Chrysler telah meluncurkan kendaraan-kendaraan terbaru dalam perkembangan pasar guna sport (SUV).
Jeep Wagoneer pada tahun 1972 menyertakan mesin standar terbesar dalam ranah station wagon 4WD – sebuah 6 silinder OHV buatan AMC 258 kubik inci. Cherokee menjadi versi dua pintu dari Wagoneer, dan ada pula Wagoneer Custom yang lebih besar. Cherokee model empat pintu menyusul pada tahun 1977.
Pada tahun 1970, setelah dua dekade pertumbuhan dan ekspansi internasional, Kaiser Jeep dibeli oleh American Motor Corporation. Langkah pertama mereka adalah memisahkan produksi kendaraan militer dan sipil, dan terbukti menjadi langkah tepat seiring kendaraan 4WD menjadi begitu populer di pasar sipil. Pada tahun 1978, produksi total Jeep mencapai 600 kendaraan perharinya, tiga kali lebih banyak dari apa yang telah didapat di awal dekade.
American Motors memasarkan kendaran Jeep mereka dengan, “with the guts to come on stronger than ever”. Semua varian Jeep dilengkapi dengan mesin-mesin buatan AMC, dan kesemuanya adalah mesin-mesin V8 304 atau 360 kubik inci. AMC juga melengkapi kedua varian dengan poros roda yang lebih berat, rem yang lebih bertenaga, trek yang lebih lebar, dan pemanas berkapasitas besar dan menambahkan tema ke legenda yang satu ini, “If a new Jeep vehicle can’t take you there, maybe you ought to think twice about going”.
Juga pada tahun 70-an, kendaraan-kendaraan berpenggerak empat roda telah membuat lompatan besar dari serbaguna ke family motoring. Pada akhir dekade, Ford, Chevrolet, dan Chrysler telah meluncurkan kendaraan-kendaraan terbaru dalam perkembangan pasar guna sport (SUV).
Jeep Wagoneer pada tahun 1972 menyertakan mesin standar terbesar dalam ranah station wagon 4WD – sebuah 6 silinder OHV buatan AMC 258 kubik inci. Cherokee menjadi versi dua pintu dari Wagoneer, dan ada pula Wagoneer Custom yang lebih besar. Cherokee model empat pintu menyusul pada tahun 1977.
Dan
juga diperkenalkan kepada lini Wagoneer selang tahun 70-an adalah Quadra-Trac,
sebuah sistem 4WD fulltime otomatis. Ini adalah kali pertamanya.
Pada tahun 1976, selang Amerika merayakan ulang tahunnya yang ke 200 dan Jeep dengan ulang tahunnya yang ke 35, AMC memperkenalkan generasi ketujuh dari Jeep sipil, CJ-7. Untuk pertama kalinya, CJ-7 menawarkan opsi atap plastik cetakan dan pintu dari logam. Kedua CJ-7 yang berjarak roda 93.5 inci dan CJ-5 yang berjarak roda 83.5 Inci dibuat hingga tahun 1983 ketika permintaan terhadap CJ-7 membuat AMC tidak mempunyai pilihan selain menghentikan produksi CJ-7 dan berkonsentrasi pada CJ-7 dan Scrambler.
Pada tahun 1976, selang Amerika merayakan ulang tahunnya yang ke 200 dan Jeep dengan ulang tahunnya yang ke 35, AMC memperkenalkan generasi ketujuh dari Jeep sipil, CJ-7. Untuk pertama kalinya, CJ-7 menawarkan opsi atap plastik cetakan dan pintu dari logam. Kedua CJ-7 yang berjarak roda 93.5 inci dan CJ-5 yang berjarak roda 83.5 Inci dibuat hingga tahun 1983 ketika permintaan terhadap CJ-7 membuat AMC tidak mempunyai pilihan selain menghentikan produksi CJ-7 dan berkonsentrasi pada CJ-7 dan Scrambler.
Penerus
langsung dari Jeep CJ-7 , Jeep Wrangler 1987memperbaiki diri dengan rancangan
yang legendaris. Dan Jeep Cherokee (XJ) diperkenalkan pada tahun 1984, kemudian
menjadi kendaraan Jeep yang terpopuler.
Hikayat Wrangler
Pada tahun 1983, menikmati produksi 30 tahun, AMC menghentikan produksi CJ-5 dan berkonsentrasi pada CJ-7 dan Scrambler, sebuah kendaraan mirip CJ-7 4WD yang kecil yang juga merupakan truk gerobak yang kemudian dikenal dengan CJ-8.
Hikayat Wrangler
Pada tahun 1983, menikmati produksi 30 tahun, AMC menghentikan produksi CJ-5 dan berkonsentrasi pada CJ-7 dan Scrambler, sebuah kendaraan mirip CJ-7 4WD yang kecil yang juga merupakan truk gerobak yang kemudian dikenal dengan CJ-8.
Bagaimanapun
juga, selang pertumbuhan pasar terhadap kendaraan 4WD kompak masih mendambakan
nilai-nilai lebih dari seri-seri Jeep CJ-7, para konsumen juga mencari
“creature features” yang diasosiasikan dengan tipikal kendaraan penumpang. AMC
merespon permintaan pasar ini pada tahun 1986 dengan menghentikan produksi
seri-seri CJ dan memperkenalkan Jeep Wrangler (YJ) 1987. Walaupun Wrangler
masih mencerminkan profil bodi yang familiar dengan CJ-7, tetapi Wrangler hanya
sedikit memiliki kesamaan dalam onderdil dengan pendahulunya yang terkenal itu.
Kenyataanya, secara mekanis, Wrangler memiliki kesamaan yang lebih dengan
Cherokee (XJ) dibandingkan dengan CJ-7. Dengan Wrangler, AMC mampu memperbaiki
kenyamanan, kualitas kendara dan tampilan selang mempertahankan daya tahan dan
kegagahan lepas-jalan (offroad) dari CJ-7.
Pada 5
Agustus 1987, tak berapa lama selang pengenalan Wrangler, American Motors
Corporation dijual ke Chrysler Corporation dan merek Jeep menjadi bagian dari
Divisi Jeep/Eagle dari Chrysler Corporation.
Sejarah
Cherokee
Program riset pasar yang diadakan oleh American Motors Corporation memuncakkan kelahiran Cherokee modern.
Riset telah menemukan bahwa pasar masa depan banyak bergantung kepada kendaraan guna sport (SUV). AMC kemudian menginvestasikan 250 juta dolar untuk rancang dan produk dari Cherokee (XJ) 1984 kompak baru dan Wagoneer sports wagon. Mereka diperkenalkan kepada pers di Borrego Springs, California, di akhir tahun 1983 dan segera meraih animo tinggi.
Cherokee baru adalah kendaraan revolusioner dan unik. 12 inci lebih pendek, 6 inci lebih ramping, 4 inci lebih pendek dan 1000 pon lebih ringan dari Jeep Wagoneer (SJ) ketika diperkenalkan pada tahun 1962. Varian itu adalah satu-satunya kendaraan guna sport yang menawarkan model dua dan empat pintunya. Dibangun dengan rangka UniFrame bukannya dengan konstruksi rangka dan sasis tradisional. Mereka menamakan “4×4 of the Year” oleh tiga majalah di tahun 1984. Kemudian ditenagai oleh mesin mesin empat silinder dan dengan tambahan opsi mesin enam silinder 2,8 liter. Di tahun 1987 mesin sebuah mesin 4 liter I-6 menjadi dapur pacu andalan mereka.
Program riset pasar yang diadakan oleh American Motors Corporation memuncakkan kelahiran Cherokee modern.
Riset telah menemukan bahwa pasar masa depan banyak bergantung kepada kendaraan guna sport (SUV). AMC kemudian menginvestasikan 250 juta dolar untuk rancang dan produk dari Cherokee (XJ) 1984 kompak baru dan Wagoneer sports wagon. Mereka diperkenalkan kepada pers di Borrego Springs, California, di akhir tahun 1983 dan segera meraih animo tinggi.
Cherokee baru adalah kendaraan revolusioner dan unik. 12 inci lebih pendek, 6 inci lebih ramping, 4 inci lebih pendek dan 1000 pon lebih ringan dari Jeep Wagoneer (SJ) ketika diperkenalkan pada tahun 1962. Varian itu adalah satu-satunya kendaraan guna sport yang menawarkan model dua dan empat pintunya. Dibangun dengan rangka UniFrame bukannya dengan konstruksi rangka dan sasis tradisional. Mereka menamakan “4×4 of the Year” oleh tiga majalah di tahun 1984. Kemudian ditenagai oleh mesin mesin empat silinder dan dengan tambahan opsi mesin enam silinder 2,8 liter. Di tahun 1987 mesin sebuah mesin 4 liter I-6 menjadi dapur pacu andalan mereka.
Beberapa
sistem gerak empat roda, termasuk di dalamnya Command-Trac dan Selec-Trac,
menawarkan traksi roda gerak empat roda penuh waktu maupun paruh waktu. Beragam
paket performa lepas-jalan, kenyamanan, corak interior dan eksterior juga
ditawarkan. Lini model ini tak berubah banyak ketika memasuki tahun 90-an,
walaupun banyak revisi dan perbaikan diaplikasikan ke Cherokee.
Pada tahun 90-an kita melihat perkenalan dari Jeep Grand Cherokee yang sangat populer dan prestisius. Wrangler dan Cherokee dirancang ulang dan diperbaiki pada model tahun 1997. Bersamaan dengan ini, majalah Petersen’s 4-Wheel & Off Road menamakan Wrangler sebagai “4×4 of the Year,” dan Majalah Four Wheeler menamakan Cherokee dengan “Four Wheeler of the Year” di tahun 1997.
Pada thun 90-an juga, insinyur-insinyur Jeep membangun Cherokee versi setir kanan. Hal ini memungkinkan Jeep dipasarkan ke armada pos domestik dan pasar ekspor di Inggris Raya, Australia dan Jepang. Lebih dari setengah produk Chrysler yang terpasarkan di luar negeri adalah Cherokee. Para insinyur Jeep menambahkan satu model untuk meramaikan lini ini: Grand Wagoneer Limited. Diperkenalkan sebagai model dengan performa termewah, dipersenjatai dengan mesin V8 5,9 liter injeksi bahan bakar elektronik. Namun dengan diperkenalkannya Grand Cherokee pada tahun 1993, produksi Gran Wagoneer Limited dihentikan.
Pada tahun 90-an kita melihat perkenalan dari Jeep Grand Cherokee yang sangat populer dan prestisius. Wrangler dan Cherokee dirancang ulang dan diperbaiki pada model tahun 1997. Bersamaan dengan ini, majalah Petersen’s 4-Wheel & Off Road menamakan Wrangler sebagai “4×4 of the Year,” dan Majalah Four Wheeler menamakan Cherokee dengan “Four Wheeler of the Year” di tahun 1997.
Pada thun 90-an juga, insinyur-insinyur Jeep membangun Cherokee versi setir kanan. Hal ini memungkinkan Jeep dipasarkan ke armada pos domestik dan pasar ekspor di Inggris Raya, Australia dan Jepang. Lebih dari setengah produk Chrysler yang terpasarkan di luar negeri adalah Cherokee. Para insinyur Jeep menambahkan satu model untuk meramaikan lini ini: Grand Wagoneer Limited. Diperkenalkan sebagai model dengan performa termewah, dipersenjatai dengan mesin V8 5,9 liter injeksi bahan bakar elektronik. Namun dengan diperkenalkannya Grand Cherokee pada tahun 1993, produksi Gran Wagoneer Limited dihentikan.
Hari
ini, versi paling baru dari Cherokee mengkombinasikan kesempurnaan teknologi
dan rancang-bangun selama lebih dari 50 tahun dengan corak klasik dan
kepraktisan kendaraan Jeep.
Dan
versi terakhir dari Jeep Wrangler memiliki fitur atap kanvas yang ramah pemakai
(user friendly) dan suspensi Quadra-Coil yang memperbaiki ketangguhan Wrangler
di medan jalan (on-road) dan medan lepas-jalan (off-road).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar